Minggu, 20 November 2011

NASIONALISM???

Entah aku ini kena virus apa. Tapi akhir-akhir ini aku jadi sensi banget kalau ada yang membicarakan hal tidak baik secara berlebihan atau mencela atau menghina atau tidak bangga dengan sesuatu yang berhubungan dengan Indonesia. Rasanya hatiku itu panas banget, pengen banget beradu argumen dengan orang-orang yang berbicara seperti itu. Tapi aku sadar, itu tidak ada gunanya. Mereka terlalu sibuk untuk mencerna itu semua....
Kenapa sih, kita selalu sangat mudah untuk mengkritik? Tetapi kenapa sangat sulit untuk memuji?
Kenapa saat ada sebuah prestasi, kita hanya mengulasnya sesaat? Tetapi begitu lama saat mengulas sebuah keburukan atau kesalahan?
Kenapa kita selalu menyalahkan orang-orang yang sebagai lakon utama? Apa kita merasa yang tersuci –orang yang tidak turut andil dalam kebrobokan negeri ini-? Apa kita lupa, kita ini termasuk orang-orang di belakang layar yang juga berperan?
Aku berfikir sesaat…
Ada apa dengan negara ini?
Kenapa masing-masing seperti punya idealisme sendiri?
Kemana dan dimana jiwa nasionalisme kita sekarang?
Aku tahu,tidak semua seperti itu, tapi tidak sedikit pula yang seperti itu.
Tidak pernahkah terbesit di benak kalian, suatu saat negeri ini akan benar-benar hancur bila kita terus saja saling menyalahkan?
Dan akhirnya negeri ini akan terjajah dalam kata “merdeka”!
Mengapa kita tidak mencoba untuk selalu berfikir positif, menghargai segala upaya yang telah dilakukan pemerintah kita? Kritik memang perlu, tapi perlukah kritik yang anarkis?
Kita mengaku sebagai bangsa yang bermartabat, tetapi tingkah laku belum bermartabat.
Coba kita soroti penyelenggaraan SEA GAMES 26 kali ini.
Semua media, semua orang, memberitakan ketidakbecusan pemerintah untuk menjadi tuan rumah yang baik. Mereka bilang banyak venue yang tak terselesaikan, banyak muncul permasalahan seperti akomodasi dll. Pemberitaan yang mengalir deras tentang keburukan penyelenggaraan membuat masyarakat geram. Mereka menghujat kinerja pemerintah –lagi dan lagi-. Mengapa media harus terlalu menggembor-gemborkan kekurangan itu? Kenapa tidak sesekali memberitakan persiapan lainnya? seperti Persiapan opening ceremony yang luar biasa? Sebagai alat untuk mengawasi dan mengevalusi pemerintah dalam rangka demokrasi? Seperti itu kah? Harus kah hingga membuat masyarakat yang sudah muak menjadi semakin membenci pemerintahannya sendiri?
Perasaanku sedih saat ada teman yang mengatakan "penyelenggaraan SEAGAMES 26 adalah yang terburuk", dan dia mengetahui itu dari beberapa media. Dalam hati aku berkata,"ya Allah, kenapa kami menjadi orang yang sangat picik? Sebegitu telah rusak kah pejabat publik di negeri ini? Dan sebegitu keji kah masyarakat negeri ini? Apa tidak ada ada lagi stimulan positif yang dapat kami -genenerasi muda- terima? Stimulan untuk membuat kami cinta, peduli, dan bangga dengan bangsa ini?
Tidak bisakah kami mendapatkan pemikiran-pemikiran positif, berita-berita membanggakan sehingga membuat kami terpacu untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik lagi? Bukannya pemikiran-pemikiran negatif, berita-berita memuakkan sehingga membuat kami malas bersentuhan dengan problema negeri ini yang sudah sangat kompleks.

ahhhh...geretan sendiri mikirin Indonesia sekarang ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a coment please :)